[Article] Branding in K-pop : The Boys

cnblue-robot-gal-1

Hai Boice!!!

Boice Army mau share artikel menarik tentang uri-boys, the one and only, CNBLUE!!!! Yeayyy!!

Artikel dari blog Theoneshots.com ini membahas tentang beberapa idol band pria asal Korea yang berhasil sukses dan bahkan melegenda. Dan yang bikin kagum lagi, CNBLUE masuk ke dalam daftar singkat idol pria yang sukses ini!!! Ciyee….

Dalam list singkat tersebut selain CNBLUE terdapat nama-nama beken seperti Jay Park, Big Bang, Super Junior, GD, 2PM, dan terakhir DBSK-5. Tentunya hanya part mengenai cowok-cowok kesayangan kita (baca: CNBLUE) yang akan ditampilkan disini.

Fokus artikel dari Widney ini adalah mengenai ciri khas dan merek jual dari idol-idol pria yang sukses menjaring banyak fans. Di tengah persaingan k-pop idol yang kian menjamur, tentunya sangat sulit untuk sebuah grup rookie bertahan , bahkan dengan semakin sedikitnya periode promosi mereka. Inilah fungsi branding atau nilai jual yang menjadi ciri khas para idol untuk menjadi sukses!

CNBLUE

Brand : The Rockstars

CNBLUE redefined what it meant to be an idol. Based on their career, the definition of an idol is a talented performer who happens to be beautiful. In this group, there are no “useless” visuals who do nothing but look pretty, nor are there any good dancers who hardly know how to sing. They show us that you can be an idol without killer dance moves, flashy clothing, and weird hairstyles. With them, there are no gimmicks, just raw talent. They want their fans to focus on their music. There are fans who, in order to justify the fact that their biases can’t do much, love to point out that idols are performers who don’t actually need to know how to sing.

CNBLUE shows that performing doesn’t necessarily include dancing or eye-catching outfits. Their performances are as simple as it gets. Their success rests more on the fact they sound like no other group. K-pop, as you may have noticed, is pretty much a soup of the same stuff, so having CNBLUE bringing in alternative rock to the industry is a breath of fresh air. They’re super talented rockstars who, without a doubt, are part of the K-pop elite.

Relevance: CNBLUE introduced diversity to K-pop. They showed us that there’s more to being an idol than glittery suits and sexy dance moves. They’re talented. They sell a lot of merchandise, so if their band was an experiment, then it’s obvious that it succeeded. You can see their influence in new groups like Lunafly, LedApple, and JJ Project.

Lesson: You don’t need gimmicks. Talent trumps everything else. And maybe a sprinkle of hot guys adds a little something to the recipe.

[Indo Trans]

CNBLUE

Merek/Nilai Jual : The Rockstars (Bintang Rock)

CNBLUE mengubah definisi apa yang disebut sebagai idol. Melihat perjalanan karir mereka, pengertian idol adalah seorang performer berbakat yang kebetulan memiliki wajah rupawan. Di dalam grup ini, tidak ada yang disebut sebagai visual yang tidak “berguna” yang tidak melakukan apapun selain terlihat sempurna, ataupun sekelompok penari yang hampir tidak bisa bernyanyi. Mereka menunjukkan pada kita bahwa kita bisa menjadi idol tanpa tarian-tarian sulit, baju-baju berkilauan, ataupun tata rambut yang aneh. Bersama CNBLUE, tidak ada gimmicks (karakter buatan), yang ada hanya murni bakat saja. Mereka ingin para fans hanya fokus pada musik mereka. Ada beberapa fans yang demi membenarkan fakta bahwa bias mereka tidak bisa melakukan banyak hal, suka menunjukkan bahwa idol adalah penampil yang tidak harus benar-benar bisa bernyanyi.

CNBLUE membuktikan bahwa penampilan ataupun pertunjukkan tidak melulu harus menari ataupun berpakaian yang menyolok mata. Penampilan mereka amat sangat simpel. Kesuksesan mereka lebih karena musik mereka yang berbeda dengan grup-grup lainnya. K-pop, seperti kalian tahu, adalah seperti layaknya semangkuk sup dengan resep yang sama, jadi dengan hadirnya CNBLUE yang beraliran alternatif rock menjadi udara segar di industri k-pop. Mereka adalah bintang rock super-berbakat yang, tidak diragukan lagi, adalah bagian dari grup K-pop elit.

Relevansi : CNBLUE mengenalkan keragaman dalam K-pop. Mereka menunjukkan pada kita bahwa ada yang lebih penting dari menjadi idol dengan baju kerlap-kerlip dan gerakan tarian yang seksi. Mereka berbakat. Mereka berhasil menjual banyak merchandise, dan jika band mereka adalah sebuah percobaan, maka sangat jelas bahwa percobaan tersebut sangat sukses. Kalian bisa melihat pengaruhnya pada grup-grup baru seperti Lunafly, LedApple, dan JJ Project.

Pelajaran : Kalian tidak butuh gimmicks. Bakat mengalahkan segalanya. Dan mungkin dengan taburan pria-pria keren akan menambah sedikit cita rasa ke dalam resep 😉

Source : http://www.theoneshots.com/2013/09/branding-in-k-pop-the-boys/

Translated by : @kireishanty @boiceArmy

Posted by : @kireishanty @boiceArmy

Advertisements

5 thoughts on “[Article] Branding in K-pop : The Boys

  1. Tak perlu tarian yg melikuk2 cukup dgn standing mic n alat musik….
    Tak perlu baju yg blink2 cukup kaos n jeans belel yg melekat….
    Semua tertutup oleh warna musik n perform mereka di panggung…. CNBLUE emang daebaaaak…. Support terus buat mereka (⌒.̮⌒)

  2. CNBLUE Jjang !! :* {}

  3. CNBLUE DAEBAKKK thats why they fans gaining a lot they’ve great talents to show us^^
    Yonghwa
    jonghyun
    minhyuk
    jungshin

    FIGHTING!!!!!!!

  4. CNBLUE JJAAAAANG..!!!
    meskipun mreka beda dari yg laen tapi bisa melebihi kepopuleran mreka yg joget2 di panggung..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s